Prodi

Rektor IAIN Kudus Dukung Produk FKDK Lebih dikenal Masyarakat dalam IFEST 2023

Blog Single

 

IFEST Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Festival IAIN Kudus mengadakan sebuah kegiatan pameran UMKM yang bertempat di Lapangan Utama IAIN Kudus pada Selasa-Rabu  (06-07/06/2023).

Kegiatan ini menggandeng berbagai jenis usaha mikro kecil menengah (UMKM) baik kelompok masyarakat pendampingan IAIN Kudus seperti Forum Komunikasi Disabilitas Kudus, masyarakat umum serta dari dinas dan organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten Kudus.

IAIN Kudus sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan IFEST yang di selenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ini. Diharapkan melalui pameran semacam ini dapat dipergunakan oleh pelaku UMKM sebagai media promosi, sehingga produknya bisa dikenal oleh masyarakat luas, yang kedepan diharapkan mampu memberikan efek positif bagi pemasaran produk-produk hasil UMKM.

Salah satu UMKM Binaan IAIN Kudus adalah Forum Komunikasi  Disabilitas Kudus (FKDK) yang menghasilkan berbagai produk yakni kunyit asem serbuk, jahe merah serbuk, sandal batik, tas, tempat tissue, toples, dan beberapa produk karya kerajinan tangan. Selain itu terdapat pula Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra (PPSDSN) Pendowo Kudus yang menghasilkan batik eco print, batik parijoto, keset kain, dan totebag. Harapanya dengan produk yang dihasilkan tersebut serta kegiatan IFEST ini mampu memberikan dampak yang positif untuk binaan UMKM IAIN Kudus khususnya dari FKDK dan Panti Sensorik Netra Pendowo yang mampu menembus pasar internasional nantinya.

Prof. Dr. H. Abdurohman Kasdi, Lc.,M.Si. selaku rektor IAIN Kudus sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan IFEST yang diadakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, beliau memberikan testimoni dari beberapa produk UMKM salah satunya produk dari FKDK yakni kunyit dan jahe merah serbuk. 

“Produknya luar biasa nikmat hangat dan cocok diminum sebelum memulai aktivitas di kampus” ujar beliau setelah meminum serbuk jahe yang dihidangkan mahasiswa prodi BKI, salah satu relawan FKDK Kudus.

Beliau juga menyampaikan bahwa segenap sivitas akademika akan sangat mendukung kegiatan kelompok disabilitas dan produk-produk yang dihasilkan oleh temen temen FKDK, terdapat beberapa mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam  yang selama ini secara aktif mendampingi dan berperan aktif dalam melakukan kerjasama kegiatan bersama kelompok disabilitas yang ada di Kudus melalui bimbingan ibu Heny Kristiana Rahmawati dan bapak Anwar Yasfin bersinergi melaksanakan pengabdian masyarakat secara aktif. Selain pendampingan dan bimbingan secara sosial, pendampingan UMKM juga dilakukan secara aktif oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang didampingi oleh bapak Agung Slamet Sukardi. Harapannya dengan bentuk pendampingan langsung secara aktif dan continue yang dilakukan oleh dosen berkolaborasi bersama mahasiswa dapat saling memberikan sumbangsih kebermanfaatan bagi masyarakat binaan dan lembaga IAIN Kudus.

Produk dari FKDK juga turut dicicipi oleh Prof. Dr. H ihsan., M.Ag.  selaku wakil rektor 1. Beliau memberikan tanggapan “Wenak, Seger, pas diminum sebelum ngajar”. Prof. Ihsan juga memberikan dukungan penuh terhadap produk-produk dari FKDK. Semoga nantinya IAIN Kudus selalu bisa bersinergi dengan temen temen disabilitas dan menjadi kampus yang ramah terhadap temen-temen difabel.

Semoga inisiasi ini dapat didukung sebanyak-banyaknya oleh pihak yang memiliki kepedulian dan semangat  yang sama dalam mengembangkan produk UMKM. Semakin banyak pihak yang peduli dan mendukung inisiasi ini, tentu kita dapat mencapai cita-cita, melalui IAIN Kudus kita mampu untuk memiliki UMKM yang kuat dan berdaya saing tinggi sehingga dapat menjadi raja di negeri sendiri.

 

Share this Post: